Baru Saja Adakan Training Forensic Assessment Interview (FAI) Basic

pelatihan psikologi lie detector

Program Keahlian Lie Detector (pendeteksi kebohongan) sangat berguna bagi banyak pihak. Tidak hanya aparat penegak hukum saja atau para psikolog saja. Program Lie Detector ini bisa digunakan di dunia kerja, di dalam keluarga, dan individual. Ini bagian dari tema besar: Forensic Assessment Interview (FAI) Basic.

Di dunia kerja, Keahlian Lie Detector ini bisa dipraktikkan dari jenjang paling bawah, mulai staf hingga top leader. Keahlian Lie Detector ini tak lain merupakan keahlian berkomunikasi yang harus dimiliki tiap orang.

Gunanya untuk meningkatkan kemampuan informasi tersembunyi atau informasi yang sengaja disembunyikan lawan bicara kita. 

Dalam Pelatihan Keahlian Lie Detector ini, instruktur menjelaskan sejumlah definisi dasar. Misalnya:

  • Jenis jenis kebohongan
  • Presuposisi Stetement Statement Analysis
  • Teknik Vokal dalam bertanya
  • Teknik Pertanyaan Investigatif
  • Praktek Analysis

Semua ini bagian dari Forensic Assessment Interview (FAI) Basic. Karena itu, CV. Cipta Ragam Talenta mengadakan Online Training Forensic Assessment Interview (FAI) Basic pada 14 Februari 2021.

Online Training Forensic Assessment Interview (FAI) Basic ini diselenggarakan atas kerjasama Character bersama Asosisasi Psikologi Forensik (APSIFOR) Perwakilan Jawa Timur. Pelatihan ini menggunakan aplikasi Zoom.

Instruktur online training ini adalah Bapak Guruh Taufan, SE, M.Kom. Pah Guruh Taufan juga sebagai pengembang dan praktisi Statement Analysis, Certified International Statement Analysis dari Advanced Interviewing Concept, North Carolina, USA.

Selain itu, Pak Guruh Taufan, SE, M. Kom juga penulis buku Statement Analysis: Pendeteksi Kebohongan Paling Dahsyat sekaligus Anggota IAFL (International Association of Forensic Linguist)

Selain itu, pelatihan ini juga dipandu oleh Bu Riza Wahyuni, praktisi Psikologi Klinis Forensik yang sekaligus Ketua Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia (APSIFOR) Jawa Timur.

Dalam online training ini, Ibu Riza Wahyuni M.Psi, Psikolog selaku Ketua Asosisasi Psikologi Forensik (APSIFOR) Perwakilan Jawa Timur juga turut serta memberikan paparan tentang teknik-teknik Interview Investigasi.

Teknik-teknik ini penting untuk menambah skill dan kompetensi para psikolog untuk menjalankan tugasnya dalam melakukan investigasi.

Wawancara investigatif di pelatihan ini dapat juga diterapkan oleh pihak Auditor Internal korporasi atau pihak internal lembaga resmi lainnya. Hal ini berdasarkan tugas dan fungsinya memiliki kewenangan untuk melakukan investigasi atas suatu kasus dugaan terjadinya pelanggaran dan penyimpangan terhadap peraturan korporasi maupun peraturan perundang-undangan terkait lainnya.

Pengurus APSIFOR mengungkapkan kesan positif atas prakarsa CV. Cipta Ragam Talenta ini. “Sukses kepada rekan-rekan psikolog, trainer dan rekan rekan yang turut belajar di ruang Zoom ini. Online Training Forensic Assessment Interview (FAI) ini adalah training yang memaparkan materi Statement Analysis versi science. Cocok untuk membuat report konseling atau mengkaji hasil interview. Dan bagus untuk menilai seberapa besar tingkat kebohongan yang ada dalam hasil wawancara tersebut,” tutur salah seroang pengurus APSIFOR.

Para trainer juga menyatakan apresiasi positif. Senang rasanya bisa berbagi ilmu. Terima kasih untuk Tim  Character telah memberi kesempatan kami, ada momen berbagi pengalaman dengan para psikolog,” ucap Pak Guruh Taufan.

Bagi Anda yang berminat mempelajari Program Keahlian Lie Detector (pendeteksi kebohongan) atau Forensic Assessment Interview (FAI) Basic ini, Anda bisa mengikuti pelatihan kami di sesi yang akan datang. (Baca juga: Pelatihan Penelusuran Bakat Minat untuk Karir dan Studi Lanjut)

Keahlian Forensic Assessment Interview ini tidak hanya diperlukan bagi psikolog atau aparatur penegak hukum saja, tapi keahlian ini bermanfaat untuk dunia kerja, dunia bisnis, keluarga maupun individu.

Anda bisa menghubungi kami jika berminat mengikuti di waktu mendatang ataupun Anda bisa menggelar pelatihan di tempat Anda, sesuai kesepakatan dengan CV. Cipta Ragam Talenta.  

Silakan menghubungi admin kami di nomor WhatsApp: 0812-1678-258. Kami akan mencatat nomor Anda. Jika Anda informasi pelatihan sejenis di waktu mendatang, dengan senang hati kami akan menghubungi Anda kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *