Parenting di Era Digital, Cara Menghadapi Generasi Z yang Jago Teknologi

Image by Freepik

Orang tua di masa kini sering pusing cara menghadapi generasi Z. Hal ini bukan tanpa alasan karena generasi Z yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 sangat jago teknologi. Anak-anak Zilenial tumbuh dan berkembang di era serba digital yang canggih sehingga sangat akrab dengan modernitas.

Kebanyakan Gen Z cenderung ingin semuanya serba cepat dan praktis. Itulah mengapa, cara menghadapi generasi Z akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Pasalnya, orang tua juga harus belajar mengimbangi perkembangan arus teknologi yang begitu pesat. Generasi digital ini terbiasa dengan gadget, media sosial, serta akses informasi tak terbatas setiap saat.

Tips Mendidik Gen Z Agar Tumbuh dengan Baik di Era Digital

Sebagai orangtua, tantangan cara menghadapi generasi Z di zaman modern menjadi semakin kompleks. Namun, lewat pemahaman yang tepat dan pendekatan bijaksana, kita dapat memberikan mereka landasan kokoh untuk tumbuh dan berkembang di dunia digital. Simak tips-tips parenting Gen Z di bawah ini:

Image by tirachardz on Freepik

a)    Ajak anak untuk belajar tentang teknologi sejak dini

Hal ini akan membuat anak lebih familiar dengan teknologi dan lebih mudah untuk mempelajarinya. Orang tua bisa mengajak anak bermain games edukasi, menonton video tutorial, atau membaca buku tentang teknologi.

b)   Beri anak batas waktu penggunaan teknologi

Sekarang sudah banyak aplikasi yang membantu membatasi waktu layar atau screentime. Hal ini penting untuk mencegah anak kecanduan teknologi dan menjaga kesehatan mata. Batas waktu penggunaan teknologi yang disarankan adalah 2-3 jam per hari.

c)    Ajak anak berdiskusi tentang penggunaan teknologi

Teknologi bisa diibaratkan dua mata pisau. Jika digunakan dengan bijak, teknologi akan memberikan manfaat. Sebaliknya, bila disalahgunakan, teknologi akan menghancurkan masa depan buah hati.

Ajarkan anak untuk memahami pemakaian teknologi secara bijak. Misalnya, diskusikan tentang bahaya penggunaan teknologi yang berlebihan, seperti cyberbullying, cybercrime, dan pornografi.

d)   Beri contoh yang baik

Anak-anak belajar dari orangtuanya, sehingga penting untuk memberikan contoh yang baik dalam penggunaan teknologi. Hindari menggunakan teknologi secara berlebihan di depan anak, dan gunakan teknologi untuk hal-hal yang positif, seperti belajar, bekerja, dan berkomunikasi.

e)   Hal Penting Diperhatikan Saat Mendidik Anak Gen Z

Teknologi adalah alat, bukan tujuan. Teknologi dapat digunakan untuk berbagai tujuan, baik positif maupun negatif. Maka itu, sangat penting mengajarkan anak tentang cara menggunakan teknologi secara positif.

  • Gunakan teknologi untuk membantu anak belajar.

Teknologi dapat menjadi sumber belajar yang sangat kaya dan beragam. Kita bisa menggunakan teknologi untuk membantu anak belajar berbagai hal, seperti matematika, bahasa, sains, sejarah, dll.

  • Ajak anak berpartisipasi dalam kegiatan positif di dunia nyata.

Teknologi tidak boleh menggantikan interaksi anak dengan dunia nyata. Ajak anak secara aktif berinteraksi langsung  dalam kegiatan atau  hobi yang disukai. Entah itu bermain sepak bola, bersepeda, mengunjungi rumah teman, kerja bakti di kampung, dll.

  • Menghindari kecanduan gadget.

Seringkali penggunaan gadget tanpa batas membuat anak kecanduan, terutama anak balita yang sudah dikenalkan smartphone sejak dini. Mereka akan menangis atau tantrum jika disuruh berhenti memakai smartphone. Solusinya, orang tua harus tegas dan disiplin menerapkan waktu layar hanya 1-2 jam per hari.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga kita sebagai orang tua bisa membantu anak Gen Z menjadi pengguna teknologi yang bijak dan bertanggung jawab, ya.

Image by tirachardz on Freepik

Memahami perkembangan Gen Z melalui seminar parenting bersama Cipta Ragam Talenta

Generasi Z adalah generasi yang memiliki potensi sangat besar. Mereka adalah generasi yang lahir di era digital, sehingga memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi secara cepat.

Yuk, pahami perkembangan dan karakteristik generasi Z melalui seminar parenting dari para pakar psikologi profesional. Dengan memahami cara menghadapi generasi Z, orang tua dapat membantu anak menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan sukses di masa depan.

Oleh : Basilia SW

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang seminar parenting, silakan hubungi kami via Whatsapp 0812-3456-7890.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *