Webinar : Overthinking

(Pengaruh Pikiran Terhadap Kesehatan & Bagaimana Pencegahan Serta Penanganannya)

Memikirkan suatu hal secara berlebihan dan terus menerus atau disebut overthinking, tentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental seseorang. Lebih jauh, selain mental, tak dipungkiri lambat laun juga bisa mengganggu kesehatan fisik.
Overthinking kerap kali muncul karena seseorang terus mengingat dan memikirkan hal-hal tertentu yang lahir dari berbagai keadaan. Ia bisa jadi muncul dari kenangan pilu di masa silam, kesalahan yang kita sesali hingga bayang-bayang kegagalan yang berisiko terjadi.
Dan yang pasti, Overthinking cenderung akan memicu masalah yang kemudian dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Demikian juga dalam hal pekerjaan, overthinking atau pikiran yang berlebih akan mengganggu, khususnya dalam kinerja karyawan.
Overthinking dalam dunia kerja akan berdampak, diantaranya adalah menurunkan performa kerja, menurunkan kecepatan bekerja, kurang semangat dalam bekerja, sulit dalam mengambil keputusan, memiliki emosi yang kurang stabil, mempengaruhi kesehatan fisik, dimana semua hal ini mempengaruhi produktivitas kerja di sebuah perusahaan.
Tentunya hal ini tidak ingin terjadi bukan, selain dapat merugikan diri sendiri juga akan berdampak luas pada perusahaan.

Memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PT. Wook Global Technologi atas kerjasamanya dengan CHARACTER dalam sharing session bertema :
OVERTHINKING (Pengaruh Pikiran Terhadap Kesehatan & Bagaimana Pencegahan Serta Penangganannya) pada hari Sabtu, 2 September 2023. Dan tak lupa menghaturkan terimakasih juga kepada kedua narasumber Ibu dr. Emy Puspitasari dan Ibu Dr. IGAA Noviekayati, M.Si, Psikolog atas berkenannya membagikan ilmunya dalam kegiatan ini.

Ke depan, apa yang menjadi harapan bagi kita semua khususnya terkait problem kesehatan mental dapat kita temukan solusinya. Berpikir positif, mendapatkan kesejahteraan psikologis, kompetensi, ketahanan manusia, serta menciptakan kondisi dan lingkungan kerja yang mendukung produktivitas kerja perusahaan dapat tercapai sesuai apa yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *